Minggu, 05 Desember 2010

Tugas Praktikum Linux 4

LAPORAN PRAKTIKUM
LINUX


MODUL 4
TRANSFER DATA
















Disusun oleh
Silvira Nurwidhiana
123080156
PLUG 1


Assistant
I Putu Jistha M




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UPN”VETERAN”YOGYAKARTA
2010


BAB I
DASAR TEORI


SSH
SSH server merupakan suatu program aplikasi yang berfungsi untuk melakukan remote server untuk suatu keperluan, antara lain untuk melakukan pemeliharaan sistem dan administrasi user maupun grup serta untuk melakukan pengamatan dan pengawasan mesin dari jauh.
Dalam praktikum ini, digunakan OpenSSH karena terbukti OpenSSH merupakan proyek GNU yang terjamin keamanannya dan bersifat gratis. Dikatakan aman, karena jika menggunakan program telnet untuk mengakses server dari jauh akan mengakibatkan data/perintah yang dikirim bisa dilacak atau dibaca oleh orang lain. Sedangkan jika menggunakan OpenSSH, semua paket data yang akan dikirim oleh mesin, akan terlebih dahulu diacak (dienskripsi) sehingga paket data akan terkirim secara biner. Setelah tiba di server, paket data akan diuraikan kembali sehingga bisa terbaca oleh sistem.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk transfer file antara dua host yang terdapat dalam jaringan. FTP adalah nama dari program client yang akan menghubungi ftpd, yaitu FTP daemon yang berfungsi sebagai server yang melayani permintaan client. Ketika client menghubungi ftpd, maka ftpd akan membuat jalur koneksi melalui port 21 sehingga user bisa mengirimkan perintahnya melalui port ini. Namun demikian transfer file dilakukan melalui port 20.
Di dalam pemakaian FTP, dikenal dua macam hak akses bagi pemakai, yaitu :
Anonymous FTP, setiap pemakai dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host tanpa harus mempunyai account di dalam host tersebut. Pemakaian anonymous FTP dengan memasukkan login dengan nama user anonymous dan passwordnya dapat berupa alamat mail atau guest atau tanpa password (tergantung dari host yang dituju).
Hanya user tertentu saja yang menggunakan FTP, yaitu dengan cara login dengan nama user dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
Jenis-jenis file pada FTP site :
1.      File text, file-file ini merupakan file yang berbentuk text dengan ekstensi .txt. file ini dapat dibuka melalui text editor.
2.      File binary, yang termasuk jenis ini adalah file program, gambar, suara, termasuk file terkompresi seperti .zip, .tar, .gz, dll.





BAB II
LAPORAN DAN TUGAS


Pada praktikum kali ini, saya diminta untuk membuat file di dalam folder melalui terminal, kemudian dikirim ke PC asdos dengan SCP. Langkahnya adalah sebagai berikut :

mkdir Desktop/123080156
touch Desktop/123080156/123080156.txt


TUGAS
1.      Bagaimana cara membuat dan menampilkan pesan/banner pada waktu login ke SSH server ?
2.      Bagaimana cara login ke SSH server menggunakan user login yang berbeda?
3.      Bagaimana cara mengirimkan (upload) suatu file local ke dalam suatu directory tertentu pada host yang berlainan menggunakan SCP?
4.      Bagaimana cara mendownload suatu file yang terletak pada suatu directory tertentu yang berlainan host menggunakan SCP?

JAWAB

1.      nano /etc/ssh/sshd_config atau nano /etc/ssh/ssh_config
2.      ssh username@IP_login_yang_berbeda
contoh :
ssh cipiacca@192.168.133.XX
3.      scp /home/student/silvira.txt student@192.168.133.XX:/home/student
4.      scp namauser1@namahost1:/direktori/file namauser2@namahost2:direktori/file


BAB III
KESIMPULAN


Pada Praktikum Linux kali ini saya mempelajari transfer data. Transfer data dapat melalui SSH dan FTP. Untuk melakukan transfer data dengan SSH perlu melakukan konfigurasi SSH Server terlebih dahulu, tetapi tidak perlu melakukan konfigurasi SSH Client, dapat pula mengoperasikan SSH tanpa login.
Untuk mengirim file dapat pula menggunakan SCP. SCP merupakan perintah pengiriman file/data pada openssh secara terenskripsi, sehingga data/file yang terkirim lebih aman.
Untuk melakukan transfer data dengan FTP perlu konfigurasi vstpd dahulu. Untuk melakukan transfer file, sebelumnya client harus melakukan koneksi dengan server  FTP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar